aipt b ke a

Persiapan dan Pembekalan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) B Menuju A, Bagi PTM Se-Sumatera oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan PP Muhammadiyah

Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) Merupakan Salah Satu Pilar Penunjang Mencapai Tujuan Muhammadiyah dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Melihat hal Tersebut PTM Diwajibkan untuk Terus Memacu Meningkatkan Mutu dan Kualitas Institusinya, Melalui Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah Mengumpulkan 8 PTM yang Terakreditasi B di Universitas Muhammadiyah Palembang untuk Mengikuti Persiapan dan Pembekalan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) B Menuju A, Bagi PTM Se-Sumatera di Aula Kantor Pusat Administrasi Universitas Muhammadiyah Palembang 8 – 9 Februari 2017.

Hadir dalam Kegiatan Tersebut Prof. H. Lincolin Arsyad, M.Sc., Ph.D., dan Prof. Dr. H. Edy Suandi Hamid, M.Ec., Ketua dan Wakil Ketua Majelis Dikti PP Muhammadiyah dan Peserta Pembekalan dari UMSumatera Utara, UMRiau, UMBengkulu, UMTapanuli Selatan, UMMetro, STIKES Muhammadiyah Pringsewu, STIKES Muhammadiyah Palembang, dan UMPalembang, dengan Narasumber dari Majelis Dikti PP Muhammadiyah Prof. Edy Suandi hamid., Dr. Budhi Akbar, M.Si., dan Drs. Daniel Fernandes, M.Si.

Dalam Sambutanya Prof. Lyncolin Menyampaikan, Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) yang Paling Krusial yang harus Dipersiapkan adalah Sumber Daya Manusia Terutama Dosen, Kemudian Tata Kelola Akademik karena Kedua Hal Tersebut Berkaitan, Selanjutnya Tata Kelola Sarana Prasarana. Universitas Muhammadiyah Palembang dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Merupakan PTM Dikawasan Sumatera yang Menjadi Prioritas Majelis Dikti PP Muhammadiyah untuk Segera Dipacu AIPT nya dari Akreditasi B Ke Akreditasi A karena Kualitas SDMnya sudah Mendekati dan Memenuhi Kriteria Akreditasi A, dan UMPalembang Sudah Memiliki Dosen Berkualifikasi Doktor (S3) sudah Sebanyak 44 Orang dan UMSumatera Utara Memiliki Dosen Berkualifikasi Doktor (S3) Sebanyak 96 Orang. PTM Lain Dikawasan Sumatera Diproyeksikan untuk Ditingkatkan Akreditasi Prodinya dari Akreditasi C ke Akreditasi B.

Internasionalisasi PTM Menjadi Program dan Rencana Induk Pengembangan Majelis Dikti PP Muhammadiyah. Setalah Akreditasinya A untuk Institusi dan Prodi, PTM Didorong untuk Menuju Akreditasi Internasional, tetapi Hal Tersebut Tidak Mudah dan persiapanya sangat Panjang akan Tetapi Kita akan Menuju Kearah Tersebut, karena Sekarang Persaingan Perguruan Tinggi di Indonesia Sudah Memasuki Persaingan di Level WTO dan Masyarakat Ekonomi ASEAN, Tambah Prof. Edy Suandi Hamid.

Universitas Muhammadiyah Palembang Menjadi Prioritas Majelis Dikti PP Muhammadiyah untuk Disiapkan dan Dikembangkan Berakreditasi AIPT Menjadi A. Strategi UMPalembang yang akan Disiapkan yaitu Penyiapan SDM yang Paling Penting karena 2 Tahun Kedepan UMPalembang akan Memiliki 75 Dosen Bergelar Doktor (S3) dan 10 Dosen Bergelar Profesor (Guru Besar), dan Disetiap Prodi yang Ada akan Memiliki Dosen yang Berkualifikasi Doktor. Kemudian UMPalembang akan Mempersiapkan Sarana dan Prasarana yang Merupakan Daya Dukungan di dalam Perguruan Tinggi Terutama Laboratorium dan Pembangunan Gedung Perkuliahan dalam Menyambut AIPT UMPalembang Terakreditasi A, Ungkap Dr. Abid Djazuli.

Posted in Berita.

Leave a Reply