um-palembang.ac.id

Karya Teknik Industri UMPalembang Turut Berkontribusi Melawan Pandemi Covid-19

Palembang, um-palembang.ac.id – Program Studi Teknik Industri (PSTI) Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang (UMPalembang) bersama Keluarga Mahasiswa Teknik Industri (KMTI) bekerja sama dalam melawan pandemic Covid-19. Seperti yang telah kita lihat dalam beberapa bulan kebelakang hingga saat ini bahwa wabah virus corona telah menjelajahi dunia bahkan tak ayal Indonesia menjadi salah satu tempat yang ‘dikunjungi’nya.

Semakin bertambahnya korban membuat menipisnya stok Alat Pelindung Diri (APD) yang digunakan oleh dokter, suster ataupun tenaga kesehatan lainnya. Hal ini membuat PSTI Fakultas Teknik Industri, Fakultas Teknik UM Palembang tergerak untuk memberikan bantuan agar dapat turut serta melawan wabah ini.

um-palembang.ac.id

Teknik Industri UMPalembang, memiliki beberapa laboratorium salah satunya adalah Laboratorium Manufaktur. Disinilah tim Prodi PSTI dan juga KMTI bekerja sama membuat face shield berbahan dasar mika yang simpel dan ergonomis, yang kiranya dapat digunakan sebagai pelindung setelah menggunakan masker terutama bagi tenaga kesehatan.

Oleh karena itu, Prodi Teknik Industri telah menyerahkan beberapa face shield hasil karyanya ke beberapa RS diantaranya RS Muhammadiyah Palembang, RS Islam Ar Rasyid Palembang, Klinik dr. Aisyah Ghani, dan juga ODP Center atau Rumah Sehat Covid-19 Jakabaring.

 “APD berupa face shield akan sangat bermanfaat untuk digunakan saat menangani pasien” menurut Riyan Azri, staff Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, selaku staff yang menerima bantuan dari Teknik Industri, FT UM Palembang. Rumah Sehat Covid-19 ini telah diresmikan oleh Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, H. Herman Deru dan berlokasi di Wisma Atlet Komplek Jakabaring Sport City.

um-palembang.ac.id

Sempat dituturkan oleh Ketua Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang, Merisha Hastarina “Alhamdulillah ada tambahan donasi dari beberapa teman dan rekan setelah melihat face shield ini dibagikan, jadi insyaAllah kami akan melanjutkan produksi ini dan membagikan untuk yang membutuhkan”.

Melalui kegiatan Program Studi Teknik Industri dan KMTI UMPalembang berharap dengan bersama-sama mencari solusi, saling bantu-membantu dan memberikan kontribusi sekecil apapun tentu akan membuat kita dapat melawan pandemi ini. Mahasiswa juga berkesempatan untuk ikut menerapkan ilmu yang mereka pelajari di laboratorium dan kelas, serta membiasakan kaum millenials ini untuk berbagi sehingga dapat memupuk nilai-nilai unggul dan islami sesuai dengan visi Universitas Muhammadiyah Palembang.

Editor: Rianza Putra

Posted in Berita.