um-palembang.ac.id

Didukung Sistem e-library, Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palembang Raih Akreditasi A

um-palembang.ac.id – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palembang meraih Akreditasi “A” dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan-Nasional (LAP-N), Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Keputusan ini tertuang pada Sertifikat Akreditasi Nomor: 0221/LAP.PT/II.2021 dan berlaku sejak 03 Februari 2021 hingga 03 Februari 2026.

Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., mengatakan bahwa kedepannya ia ingin agar prestasi ini tidak berhenti sampai disini. “Yang pasti pelayanan akan terus ditingkatkan. Terlebih kita sudah dihadapkan pada era digital, dimana semua dituntut serba cepat. Oleh karena itu perpustakaan berbasis e-library akan terus dikembangkan di Universitas Muhammadiyah Palembang dengan menerapkan sistem yang memudahkan riset dan searching katalog.” katanya.

Ia menuturkan bahwa “Ini adalah akreditasi kedua UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palembang. Alhamdulillah, pada akreditasi ini mendapat nilai A. Hasil akreditasi yang dicapai ini merupakan bukti bahwa pengelolaan UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palembang telah memenuhi Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi. Saya mengucapkan selamat atas raihan ini dan nilai Akreditasi ini adalah hasil kerja keras seluruh jajaran di Universitas Muhammadiyah Palembang” ungkapnya.

Proses Akreditasi UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palembang dilakukan pada 22 Januari 2021, oleh Tim Asesor dan pendamping dari LAP-N Perpustakaan Nasional RI yang terdiri dari Drs. Supriyanto, M.Si., Drs. B. Mustafa, M.Lib., dan Anton Alfian, S.IPI., 

Akreditasi tersebut meliputi verifikasi dan penilaian borang akreditasi. Setidaknya ada sembilan aspek penilaian yang terdiri dari pelayanan, sarana dan prasarana, koleksi, perawatan koleksi, SDM, kerjasama, pengorganisasian materi perpustakaan, dan manajemen.

Dengan didukung oleh sistem informasi yang baik, UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palembang bertekad menjadi pusat referensi yang komplit, khususnya bagi civitas akademika yang selaras dengan visi Universitas Muhammadiyah Palembang.

Editor: Rianza Putra

Posted in Berita.